Senin, 03 Desember 2012

Pengolahan Lahan

Diposting oleh Unknown di 01.56

Lahan yang baik untuk bercocok tanam adalah lahan yang mengandung bahan organik. Bahan rganik mengandung sumber hara yang akan memengaruhi kesuburan tanah suatu lahan. Contoh bahan organik tersebut adalah humus dan pupuk.
                Humus biasanya terletak pada lapisan tanah bagian atas. Tanah yang dipengaruhi oleh suhu dan curah hujan yang cukup, sangat baik untuk dijadikan lahan pertanian. Selain itu, tekstur tanah juga sangat perlu diperhatikan. Tekstur tanah yang agak liat dan berpasir adalah tanah yang mengandung bahan organik. Tanah yang mengandung banyak air kurang cocok untuk dijadikan lahan karena akan menghambat proses pertukaran oksigen. Sebaliknya, tanah yang kering juga tidak cocok untuk bercocok tanam karena persediaan air untuk tanaman kurang.
                Untuk meningkatkan produktivitas lahan kering, ada beberapa cara yang perlu dilakukan, yaitu pemakaian varietas tanaman unggul berumur genjah (pendek), penerapan pola tanam yang sesuai dengan curah hujan, perbaikan teknik budidaya tanaman, dan meningkatkan usaha konservasi lahan sehingga kelestarian lahan dapat dijaga.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nature Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez