Senin, 03 Desember 2012

Pembibitan Tanaman

Diposting oleh Unknown di 02.15

Benih tanaman adalah bibit dari tanaman atau bagiannya yang digunakan untuk memperbanyak dan atau mengembangbiakkan tanaman. Semua jenis tanaman dapat dikembangbiakkan melalui pembibitan. Namun, ada juga tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan cara lain. Seperti stek, cangkok, dan menempel. Cara – cara perkembangbiakan tersebut biasanya dilakukan pada tanaman yang berkayu dan bersemak, seperti pohon jambu biji, jeruk, dan pohon melati.
            Disini saya akan menyebutkan contoh tahap perkembangbiakkan beberapa tanaman.
-Cabai:
1)    Biji cabai direndam terlebih dahulu dengan air. Biji yang terapung dibuang dan yang tenggelam disemai. Biji yang terpilih setelah disemai tersebut direndam dalam larutan hipoklorit 10% selama sepuluh menit. Perendaman ini brtujuan untuk menghilangkan kuman penyakit yang menempel pada biji dan mempercepat perkembangan benih.
2)    Biji disemaikan pada tempat persemaian yang diberi naungan atap plastik atau atap daun – daunan dan disusun rapih dengan ppsisi menghadap ke timur ke arah terbitnya matahari.
3)    Media penyemaian dapat berupa vampuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan komposisi 1:1. Setelah biji disebar, bagian atasnya ditutup dengan campuran tanah dan pupuk.
4)    Selanjutnya, dilakukan penyimpanan selama 5-6 hari. Suhu yang baik untuk perkecambahan adalah sekitar 24°-28°C.
5)    Biji yang berkecambah dipindahkan ke polybag yang telah disiapkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya adaptasi dan daya tumbuh bibit pada saat dipindah ke lahan tanam.
6)    Penyiraman dilakukan secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari tergantung pada cuaca.
7)    Pemberian pupuk dengan dosis rendah diberikan pada saat tanaman berusia 10-15 hari.
8)    Umur bibit yang siap dipindahkan ke lahan tanam adalah yang berusia 5-9 minggu setelah disemai.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nature Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez